Monday, February 15, 2016

Khasiat Jus Japan


Pernahkah anda mencoba Jus Japan?

Japan ataupun dikenal juga dengan labu siam banyak sekali terdapat di negara kita Indonesia. Japan ini ada 2 macam dilihat dari warna buahnya, ada yang berwarna hijau dan putih. Harga yang relatif murah, dengan berjuta manfaat bagi tubuh kita, tetapi sayangnya tidak banyak dari kita yang mengetahui khasiatnya. Japan mengandung zat saponin, alkaloid, dan tannin.
  
Adapun manfaat Japan yaitu :
  • Anti kanker dan penuaan dini
Japan mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit. Japan juga merupakan sumber anti oksidan vitamin C yang cukup baik, yaitu sekitar 7,7 mg/100gram atau 13 % dari kebutuhan harian yang disarankan.
  • Mencegah darah tinggi
100 g japan segar mengandung sekitar125 mg kalium atau 2,5 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kalium bermanfaat penting terutama untuk melawan efek sodium, yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan darah tinggi.
  • Menjaga kadar koleseterol 

      Japan hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin. Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

  • Mengandung tinggi folat dan vitamin B kompleks lainnya
Japan merupakan sumber cukup baik vitamin B kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi japan dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.


Sekarang sudah taukan bagaimana khasiat labu siam alias japan. Nah untuk membuat Jus japan caranya sangat mudah dan tidak bikin ribet.
  1. Sudah pasti donk yang pertama itu buah japan itu sendiri, sediakan 1 buah japan yang yang telah dikupas kulitnya,
  2. Potong kecil-kecil buah japan sebelum dimasukkan ke dalam blender, nah bagi teman-teman yang belum punya blender bisa dengan cara diparut,
  3. Beri gula, ada dua pilihan gula yang bisa digunakan tergantung persedian saja, bisa dengan gula pasir atau gula batu (hahahaa kayak tukang bangunan aja)
  4. Nah tinggal dimasukkan ke dalam gelas teman-teman yang ada di rumah,
  5. Bagi teman-teman yang tidak mau ribet pakai sendok, tinggal slruuuupptt pake sedotan (hiihiii)


  Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...